Laga Bola –  Tahun ini bukan pertama kalinya Ballon d’Or diinvasi oleh pemain dari tim yang sama. Sebelum Barcelona sekarang, AC Milan sudah pernah lebih dulu melakukannya. Tiga nama yang masuk menjadi nominasi FIFA Ballon d’Or 2010 adalah Xavi Hernandez, Lionel Messi dan Andres Iniesta. Ketiganya adalah pemain Barcelona dan asli jebolan akademi La Masia.

Ini adalah pertama kalinya Ballon d’Or dan FIFA World Player of The Year digabung. Sebelumnya, penghargaan Ballon d’Or hanya diperuntukkan bagi para pemain terbaik Eropa saja.

Nah, kala Ballon d’Or masih bertstatus penghargaan untuk pemain terbaik Eropa itulah Milan pernah menjadi raja seperti Barca saat ini. Dalam dua tahun berturut-turut, 1988 dan 1989, tiga pemain Rossoneri masuk ke dalam nominasi.

Tahun 1988 ada Marco van Basten, Ruud Gullit dan Frank Rijkaard. Van Basten mengungguli kedua rekan satu negaranya itu dan menjadi pemain terbaik Eropa.

Setahun berselang Van Basten dan Rijkaard kembali masuk ke dalam daftar, tapi yang ketiga bukanlah Gullit, melainkan Franco Baresi. Lagi-lagi Van Basten berhasil mengungguli rekan-rekannya.

Ketika era tersebut, Milan memang tengah dominan di Eropa. Apalagi mereka juga dua musim berturut-turut memenangi Liga Champions (dulu Piala Champions). Imbasnya, label The Dream Team pun sempat melekat pada mereka.

Sebagai informasi, tahun ini adalah kejadian ketiga munculnya tiga pemain dari klub yang sama dalam nominasi Ballon d’Or. Dua kejadian pertama adalah seperti yang diceritakan di atas.

LEAVE A REPLY