Laga Bola – Babak semifinal Europa League musim ini dipastikan tanpa satupun wakil Belanda, setelah PSV Eindhoven dan FC Twente tumbang. Sebaliknya, Portugal justru menempatkan tiga wakilnya di partai empat besar, FC Porto, Benfica dan Sporting Braga, serta dilengkapi dengan satu-satunya perwakilan La Liga, Villarreal.

Pada laga di Stadion Philips, Jumat (15/4/2011) dini hari WIB, PSV hanya mampu bermain imbang 2-2 dengan Benfica. Praktis, klub asal Portugal yang berhak mengamankan satu tiket semifinal, berkat kemenangan agregat 6-3.

Pada leg penentuan kali ini, Balazs Dzsudzsak membuka keunggulan PSV di menit 17, sebelum Jeremain Lens menggandakannya delapan menit berselang. Sedangkan dua gol Benfica dipersembahkan Luisao (45’+3) dan gol penalti Oscar Cardozo di menit 63.

Di saat yang bersamaan, Twente pun gagal mengamankan tempat di semifinal, usai ditaklukkan Villarreal 3-1 di De Grolsch Veste. Gol Emir Bajrami di menit 32 sempat membawa Twente unggul sepanjang babak pertama, sebelum tim tamu memborong tiga gol di babak kedua.

Gol pertama Villarreal dicetak Giuseppe Rossi di menit 60, melalui titik 12 pas. Kemudian dua gol di penghujung laga diciptakan Marco Ruben (83’), juga melalui tendangan penalti, serta Ruben Gracia Calmache (89’). Skuad arahan Juan Garrido pun melaju dengan agregat kemenangan sangat meyakinkan, 8-2.

Setelah Benfica dan Villarreal, Sporting Braga menjadi peserta pamungkas yang memastikan diri tembus ke semifinal. Harus melanjutkan laga dengan 10 pemain, wakil Portugal mampu menahan imbang Dynamo Kiev tanpa gol di Stadion AXA. Braga berhak melenggang lantaran mencuri satu gol pada leg pertama di Ukraina, yang berakhir dengan skor 1-1.

Alhasil, Braga akan berhadapan dengan Benfica guna memperebutkan satu tiket final. Duel Portugal dijadwalkan berlangsung pada 28 April dan 5 Mei mendatang. Di saat yang sama, Villarreal menantang wakil Portugal lainnya, FC Porto, yang lebih dulu sukses menggulung Spartak Moskow 5-2 (agregat 10-3).

LEAVE A REPLY